Cara Membuat Konten Viral Di Instagram 2020

 Cara Membuat Konten Viral Di Instagram 2020

Metode dan tata cara membuat konten yang mudah viral

Media sosial merupakan media perantara yang saat ini banyak di gunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa.

Namun belakangan ini ternyata banyak yang memanfaatkan media sosial terutama instagram untuk mendongkrak popularitas menggunakan media gambar dan video agar mendapatkan banyak followers.

Menurut data setiap bulannya sebanyak 700 juta orang menggunakan instagram, dan 400 juta orang pengguna aktif setiap harinya.

Belakangan ini pengguna instagram berlomba-lomba menggunakan konsep yang dapat memicu foto/video menjadi viral dengan mempelajari beberapa algoritma penting dari instagram.

Kali ini akan membahas beberapa tips dan panduan gimana caranya membuat konten yang mudah viral di instagram dengan algoritma yang sekarang ini di terapkan oleh pihak instagram.

Namun terlepas dari semua itu tetap instagram tetap mempunyai dua mata pisau yang berbeda dimana bisa mendatangkan hal positif dan juga bisa juga mendatangkan hal yang negatif.

Untuk mengetahui lebih dalam kamu wajib Memahami 10 Data Penting Di Balik Postingan Instagram.

Dikutip dari buku Contagious karya dari Jonah Berger terdapat 6 prinsip penting yang praktis dan bagus karena bisa di terapkan di semua media sosial terutama instagram.

6 Prinsip Viral Menurut Buku Contagious :

S – T – E – P – P – S

6 Prinsip Viral Menurut Buku Contagious
6 Prinsip Viral Menurut Buku Contagious

1.Social Currency

Setiap orang selalu peduli dengan bagaimana mereka terlihat di depan orang lain.

Mereka ingin terlihat pandai, keren, serta tau dan sebagainya. Jadi, pastikan untuk mengetahui apa yang di inginkan oleh audiens (followers kamu).

Jadi buatlah konten yang membuat orang lebih pandai, lebih keren, lebih tahu intinya yang membuat orang lain lebih sadar akan hal-hal yang menarik dan positif apalagi info yang jarang orang ketahui itu sih pasti bakal banyak disukai.

2.Trigger

Menjadi Top Of Mind sama dengan menjadi Tip Of Tongue, artinya dengan menjadi Brand/Seseorang yang diingat orang pertama kali saat mendengar sesuatu merupakan ujung dari pembicaraan setiap orang.

Katakanlah, saya menyebut PSY maka anda bisa langsung berfikir “Gangnam Style”, walaupun Gangnam Style sudah 8 tahun lalu…

3.Emotion

Saat kita peduli akan sesuatu, kita akan membagikannya.

Konten yang mengandung emosi sering kali mudah untuk viral. Baik itu mengandung unsur heroik ataupun untuk negatif yang membuat kesal. Sudah bukan lagi rahasia umum konten yang mengandung emosi sangat memiliki peran besar untuk menjadi konten yang viral.

Jadi buatlah konten yang mengandung unsur “perasaan / emosi”

4.Public

Semakin heboh sesuatu hal, maka semakin banyak orang yang akan dibuat penasaran.

Seperti halnya saat kita sedang memilih tempat makan siang di sebuah tempat yang baru di kunjungi, lalu ada rumah makan di hadapan kita yang terlihat sangat ramai pembelinya.

Hal itu memicu rasa penasaran serta menambah keingin tahuan sebenarnya mengapa rumah makan itu ramai sekali, pasti yang terlintas di fikiran kita adalah ” Wah…. pasti masakan di situ enak-enak jadinya ramai pembeli, ” fikiran ini akan membuat kita terdorong untuk mencicipi ataupun memutuskan untuk membeli makan siang di tempat tersebut.

Sama halnya dengan konten, semakin heboh konten yang dibuat maka akan mudah memicu orang lain menjadi penasaran dan ingin mengetahui lebih jelasnya.

5.Practical Value

Sebelum orang membuat keputusan tertentu seperti membeli, biasanya mereka akan mencari informasi terlebih dahulu.

Dengan membuat konten yang praktis, akan bisa membantu seseorang mendapatkan informasi yang lebih matang. Bantu mereka untuk mendapatkan informasi terbaiknya dan bukan hanya sekedar untuk jualan ataupun mendapatkan keuntungan pribadi semata.

Karena biasanya, orang akan lebih percaya pada siapa yang mengedukasi mereka.

Jadi, buatlah konten yang edukatif mengenai produk atau jasa yang kamu promosikan. Bukan hanya sekedar buat konten jualan/promosinya saja…

6.Stories

Manusia memiliki sejarah sejak dulu, dimana sejarah ini diceritakan sejak kita kecil.

Sehingga manusia terbiasa dengan “Cerita”. Hal inilah yang membuat sebuah konten yang memiliki cerita cenderung akan mudah mendapatkan banyak share.

Karena semua orang sudah terbiasa dengan cerita dan merupakan satu kesatuan dari kehidupan manusia dan orang akan mudah terpengaruh dengan adanya cerita.

Jadi, buatlah konten dengan menggunakan cerita, sehingga lebih mudah untuk diikuti… Jenis cerita ini sangat bisa digabungkan dengan prinsip-prinsip yang lain.

Untuk memaksimalkan jalan cerita yang unik ada baiknya Memanfaatkan CAROUSEL INSTAGRAM untuk VISUAL STORY TELLING

Cara Agar Konten Instagram Menarik (Agar Mudah Viral)

Cara Agar Konten Instagram Menarik

Konten merupakan ujung tombak dari penentu apakah menjadi viral atau tidaknya sebuah foto/video yang disajikan.

Hindari cara-cara lama seperti 2020 Metode Follow Unfollow Di Instagram Sudah Tidak Work

Di dalam diri manusia itu ada yang namanya sifat alami, jadi hal-hal yang bersifat alami inilah yang membuat orang lain akan melihat sejauh mana konten yang di sajikan, apakan membuat mereka tertarik atau tidak.

Dan berikut unsur-unsur kesadaran manusia yang bisa kita pelajari agar membuat konten di instagram semakin mudah untuk viral.

1.Konten Yang Mengandung Manfaat (Value)

Semua orang ingin sesuatu informasi yang gratis dan sarat akan pengetahuan, contohnya salah satu akun besar di instagram yaitu Indozone, hampir semua dari kita pasti follow akun kilas informasi tersebut, dimana akun tersebut menyajikan informasi instan dan merangkumnya dalam bentuk gambar dan di sertai dengan keterangan kejadian.

Sehingga buat kaum muda yang males baca berita akan dengan mudah mengetahui informasi yang sedang terjadi saat ini.

Dengan memberikan manfaat kepada para pengikut akan membuat konten mudah dan sangat gampang untuk menjadi viral.

Untuk mencari referensi kamu juga bisa memanfaatkan fitur explore pada instagram Cara Kerja Halaman Explore Pada Instagram.

2.Informasi Yang Akurat Dari Sumber Yang Jelas (Valid)

Pastikan setiap informasi yang dikutip mempunyai sumber yang jelas dan dapat di pertanggung jawabkan, karena biasanya topik-topik / konten yang viral akan banyak pertanyaan.

Contohnya :

Ada ufo si surabaya, lalu ada video pendukung berupa rekaman ufo di surabaya. Nah yang jadi pertanyaan para penikmat konten pasti akan muncul pertanyaan-pertanyaan berikut :

  1. Kapan Kejadian Itu Berlangsung ?
  2. Apakah Itu Asli Atau Editan ?
  3. Apakah ” Kemunculan Ufo disurabaya” di beritakan media mainstream ?
  4. Apakah video Tersebut bisa di percaya ?
  5. Siapa yang mempublikasikan berita ini pertama kali ?

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas kamu harus sudah bisa merangkum semua jawabannya dengan satu frame. Kamu harus mengetahui sumbernya terlebih dahulu sebelum mempostingnya ke khalayak umum.

3.Terapkan Konsep 5W+1H Pada Konten Yang Akan Di Buat

Ada beberapa konten instagram yang memang dibuat dengan asal-asalan tapi tiba-tiba viral, namun ada juga yang sudah menerapkan konsep ini itu tapi tetap tidak viral-viral, lalu dimana salahnya ?

Pada dasarnya manusia perlu sajian yang mengandung unsur 5W+1H.

Di tambah dengan metode Mengoptimalkan Penjualan Di Instagram Dengan Komentar

Ya pasti sudah pada tau ya info ini dari pelajaran bahasa indonesia waktu SD dan SMP namun ternyata unsur ini sangat berguna juga untuk membuat konten agar menjadi viral.

Jadi untuk membuat konten mudah di mengerti oleh orang lain perlu memaksimalkan poin-poin penting berikut :

  • Konten Apa yang akan di buat ?
  • Mengapa memilih untuk mengangkat konten tersebut ?
  • Kapan waktu yang tepat untuk membuat konten tersebut ?
  • Dimana Pelaksanaanya ?
  • Siapa yang dilibatkan dan akan menjadi target pasarnya ?
  • Bagaimana menjalankan Konsep tersebut ?

Jika konten mengandung semua unsur itu maka hal ini akan memberikan dampak yang bisa mendukung sebuah konten menjadi viral.

4.Menjabarkan Poin Penting Dan Kesimpulan Pada Caption

Harus selalu di ingat, kamu membuat konten itu untuk orang lain dan selalu posisikan diri kamu sebagai penikmat konten, jadi kira-kira apa saja hal yang membuat orang yang menikmati konten nyaman.

Banyak sekarang pembuat konten yang lupa menerapkan poin-poin penting sebuah informasi, jadi cuma sekedar kasih info setelah itu sudah. Mereka memaksa para penikmat konten untuk berfikir keras poin-poin penting apa saja yang terdapat di dalam konten tersebut.

Biasakan untuk menjabarkan poin-poin penting dan kesimpulan untuk memudahkan para audiens yang menikmati konten kamu merasa nyaman, karena info yang kamu sajikan detail dan mudah di mengerti.

5.Menggunakan Hastag Seperlunya

Menurut hasil penelitian dari Siply Measured, Setiap konten yang mencantumkan hastag mampu meningkatkan engagement sebesar 12,6% dibandingkan mereka yang tidak menyertakan #Hastag.

pembahasan ini juga saya angkat dalam artikel lebih lengkap di Metode Optimasi 2020 Untuk Menambahkan Followers Instagram (Aman)

Eitss… tapi ingat gunakan hastag seperlunya dan yang terpenting dari itu hastag yang di cantumkan haruslah relavan dengan topik pembahasan.

Tips yang tepat untuk menggunakan hastag agar terlihat profesional

  • Tulislah Hastag yang diperlukan pada akhir tulisan
  • Gunakan 3-5 Hastag saja dan jangan berlebihan
  • Bisa juga gunakan hastag pendukung di kolom komentar (jika di perlukan)

6.Membahas Topik Dengan Cara Penyampaian Yang Baru Dan Sudut Pandang Berbeda

Saya berani jamin kalo info-info di internet itu rata-rata sama semua pembahasannya sama materinya sama dan kesimpulannya sama, Namun apa yang membuat mereka berbeda ?

Ya yang membuat berbeda yaitu cara penyampaian yang dilakukan, semakin unik dan semakin ringkas penjelasan maka akan semakin mudah disukai oleh banyak orang.

Cobalah untuk bahas ulang konten-konten yang ada di instagram amati lalu ubah dan modifikasi dengan cara penyampaian yang unik dan berbeda.

7.Ajak Followers untuk terlibat (jika pembahasan menarik dan followers sudah lumayan)

Interaksi memang sangat penting untuk meningkatkan engagement dan jangkauan pengguna pada instagram, namun lihat dulu (sadar diri) berapa audiens yang kamu miliki.

Buatlah agar followers terlibat ke dalam konten yang kamu buat, misalnya tanya jawab ataupun konten yang memerlukan keterlibatan audiens lainnya.

Namun ini bisa bekerja dengan baik jika followers yang kamu miliki memang sudah lumayan, nah coba kamu bayangkan followers cuma 100 orang lalu kamu buat tanya jawab, alih-alih mereka menjawab jangankan di jawab untuk mendapatkan like 50 orang aja teramat sulit.

Dan saya sering melihat konten tanya jawab maksain ini di beberapa akun yang sedang merinting namun masih minim followers, hasilnya konten sudah bagus di buat sedemikian rupa namun tidak ada yang respon satupun bahkan hanya mendapatkan 2 like, hmm… miris.

1.Cara Membuat Akun Instagram Untuk Jualan
2.Cara Membuat Logo Brand Toko Akun Instagram Yang Menarik
3.Menentukan Konsep Konten Jualan Di Instagram Yang Bagus
4.Metode Optimasi 2020 Untuk Menambahkan Followers Instagram (Aman)
5.Mengoptimalkan Penjualan Di Instagram Dengan Komentar
6.Memahami 10 Data Penting Di Balik Postingan Instagram
7. Cara Kerja Halaman Explore Pada Instagram
8.2020 Metode Follow Unfollow Di Instagram Sudah Tidak Work

admin

Related post