Cara Meningkatkan Bisnis Lokal Daerah Tertentu Di Instagram

 Cara Meningkatkan Bisnis Lokal Daerah Tertentu Di Instagram

Cara Meningkatkan Bisnis Lokal Tertarget Lewat Instagram

Dijaman sekarang ini berbisnis haruslah melalui dua tempat yakni online dan offline. Kedua hal tersebut tidak bisa terlepas dan merupakan satu kesatuan yang harus di manfaatkan agar dapat mengoptimalkan penjualan.

Salah satu teknik yang paling umum digunakan adalah dengan HashtagLokal, ya hashtag lokal masih menjadi primadona saat ini untuk mempublikasikan sebuah bisnis di kawasan tertentu tetapi masih banyak sekali orang yang tidak menggunakan hashtag lokal ini.

Jangan lupa cek juga Metode Optimasi 2020 Untuk Menambahkan Followers Instagram (Aman) lagi rame nih digunakan oleh para pedangang di instagram untuk meningkatkan followers.

Namun begitu walaupun digunakan ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui dan mengoptimalkan cara pemakaian hashtaglokal dengan baik dan benar.

Hindari cara-cara yang merugikan dan buang waktu karena banyak metode-metode tips dan trik pada instagram di tahun 2020 ini sudah tidak bekerja dengan baik dan malah membawa dampak buruk, apa saja itu ? mari simak artikel berikut 2020 Metode Follow Unfollow Di Instagram Sudah Tidak Work

Simak ulasan berikut mari kita sama-sama belajar gimana sih cara meningkatkan trafik di IG lewat hashtag lokal yang benar agar bisnis semakin banyak di lihat oleh orang lain.

Sebelum lebih jauh mari yuk tingkatkan potensi berjualan di instagram dengan Cara Membuat Akun Instagram Untuk Jualan

Pada kasus kali ini, saya mengambil contoh misalnya Martabak di Bandung.

Maka hashtag lokalnya adalah :

#Martabakbandung
#MartabakAsinBandung
#MartabakBandungEnak
#MartabakManisBandung

Dan hashtag pendukung lain-lainnya yang masih relavan…

Hashtag #MartabakBandung

Namun tahukah kamu bahwa semua hashtag tersebut juga mempunyai nilai jangkauan yang bisa dilihat, dan saya disini mencoba melihat seberapa sebar kemungkinan dan jangkauan kepada audiens menggunakan hashtag #MartabakBandung & #MartabakAsinBandung

Hasil dari Riset Hashtag lokal :

#MartabakBandung

Penggunaan Hashtag #MartabakBandung

Data tersebut menunjukan bahwa hashtag #martabakbandung memiliki potensi untuk menjangkau orang banyak dengan saingan yang cukup sedikit, mengapa demikian ? Mari kita lihat data selanjutnya dari hashtag #MartabakBandung

Penggunaan Hashtag #MartabakBandung Data Lengkapnya

dari data tersebut di ketahui bahwa :

DAPC : Postingan perhari menggunakan hashtag #MartabakBandung ada sekitar 13

Ave. Likes : Rata-rata Like sekitar 4,4 ribu like ( Postingan teratas menggunakan hashtag #MartabakBandung )

Posts Made : Total keseluruhan postingan foto/video yang dibuat dan menyertakan hashtag #MartabakBandung ada sekitar 15,6 ribu postingan.

Ave. Comments : Rata-rata komentar yang didapatkan 206 ( Postingan teratas menggunakan hashtag #MartabakBandung )

Kesimpulan dari data tersebut adalah hashtag tersebut sangatlah efektif digunakan oleh pedagang martabak di bandung karena kompetisi hashtagnya yang rendah namun potensi jangkauannya sangat luas.

Mari kita coba hashtag yang lebih mendalam misalnya #MartabakAsinBandung apakah masih tepat untuk digunakan ?

MartabakAsinBandung

#MartabakAsinBandung

Hashtag #MartabakAsinBandung

Dari data yang didapatkan menunjukan bahwa potensi untuk mendapatkan jangkauannya Sedang dari kompetisi dari hashtag tersebut n/a yang berarti hampir tidak ada trafik yang signifikan yang bisa didapatkan dari hashtag tersebut.

Mari lihat data lebih lanjutnya dari hashtag #MartabakAsinBandung sebagai berikut :

Data Penting Riset Hashtag Pada Instagram

DAPC : Postingan perhari menggunakan hashtag #MartabakAsinBandung n/a yang berarti hashtag tersebut tidak menentu dan jarang digunakan bahkan tidak digunakan setiap hari oleh penjual martabak dibandung.

Ave. Likes : Rata-rata Like sekitar 229 ribu like ( Postingan teratas menggunakan hashtag #MartabakBandung ), jika dilihat sangat berbeda jauh dengan hashtag #MartabakBandung yang mendapatkan 4,4 ribu like.

Posts Made : Total keseluruhan postingan foto/video yang dibuat dan menyertakan hashtag #MartabakAsinBandung hanya sekitar 289 saja.

Ave. Comments : Rata-rata komentar yang didapatkan 26 ( Postingan teratas menggunakan hashtag #MartabakAsinBandung )

Kesimpulan dari data tersebut adalah hashtag tersebut sangatlah tidak sama sekali efektif digunakan oleh pedagang martabak di bandung karena hampir tidak ada orang yang mencari hashtag tersebut (ada tapi jarang sekali) bahkan postingan tentang hashtag tersebut tidak setiap hari dicantumkan oleh para pedagang martabak di bandung.

Dari kedua data tersebut dapat disimpulkan bahwa #MartabakBandung sangat efektif digunakan dan #MartabakAsinBandung tidak efektif digunakan karena potensi untuk jangkauannya sangat minim.

Gunakan Related Hashtags

Mari kita lihat bedanya dari kedua gambar hasil pencarian kedua hashtag berikut ini :

Hashtag #MartabakBandung
MartabakAsinBandung

Perbedaan kedua gambar tersebut ada pada Hasil Posts dan Related Hashtags dimana #Martabakbandung mendapatkan hasil 15,589 Posts dan rekomendasi Related Hashtags : #infobdgkuliner, #infomasakan, dll.

Dimana hashtag-hashtag tersebut adalah hasil yang relavan (masih nyambung, atau masih masuk dengan hashtag yang dimaksud)

Semua unsur ini masuk kedalam data penting yang mungkin kamu belum tahu, mari Memahami 10 Data Penting Di Balik Postingan Instagram

Sedangkan hashtag #Martabak AsinBandung hanya mendapatkan hasil 302 Posts dan tidak ada rekomendasi dari Related Hashtags yang relavan, itu berarti hashtag ini jarang disandingkan dengan hashtag lain karena memang persaingannya yang kecil dan tidak banyak yang menggunakan, sehingga tidak masih kategori dari pengelompokan rekomendasi hashtag.

Salah satu yang berpontensi mendatangkan audiens adalah logo yang menarik kamu bisa coba cari tahu Cara Membuat Logo Brand Toko Akun Instagram Yang Menarik

Jangan lupa pilah pilih Related Hashtags yang ingin digunakan, yang masih berhubungan dengan makanan dan jenisnya serta tempat kamu jualan.

Misalnya kamu jual martabak dibandung berarti gunakan hashtags pendukung yang masih relavan seperti berikut :

#MartabakManisBandung (masih relavan)
#MartabakMiniBandung (masih relavan)
#MartabakJakarta (tidak relavan) jangan digunakan walaupun ada pada rekomendasi Related Hastags

Ya menurut saya hal ini sangat umum dan kamu juga faham, jadi saya tidak akan membahasnya lebih jauh.

Content Model

Content Model Martabak

Sekarang untuk mengetahui konten apa saja yang disukai oleh para penikmat martabak di bandung dengan memanfaatkan hasil dari hashtag yang diinginkan lalu lhat postingan video dan foto teratas gimana mereka membuat sajian yang menarik, amati lalu tiru dan modifikasi dengan kelebihan martabak yang kamu miliki.

Konsep itu paling utama, konsep itu ibarat identitas dari sebuah produk maka ada baiknya kamu mengetaui cara Menentukan Konsep Konten Jualan Di Instagram Yang Bagus

Aktif Pada Tempat Yang Relavan Dan Tepat

Nah setelah hal-hal dasar dalam konsep postingan sudah terpenuhi sekarang kamu yang harus aktif agar martabak kamu lebih banyak dilihat oleh orang lain di tempat yang relavan, nah contoh selanjutnya kamu kan jualan martabak di bandung nih, ngga mungkin kan jualan martabak dikirim pakai JNE sampe ke luar kota ? hahaha….

Untuk membuat konten yang relavan dan mudah di cerna oleh banyak orang serta mudah di mengerti ikuti Cara Membuat Konten Viral Di Instagram 2020

Nah cara ini bisa kamu gunakan untuk membantu orang lain di daerah tertentu yang kamu targetkan mengetahui tentang martabak yang kamu jual.

ini merupakan hasil dari fitur explore di instagram jika kamu bisa memanfaatkanya dengan baik maka kamu akan dengan mudah merajai bisnis di daerah tertentu mari simak Cara Kerja Halaman Explore Pada Instagram

Berikut ulasannya :

Memanfaatkan Hastag Bandung

coba sekarang kamu cari di kolom search lalu ketikan bandung nah nanti akan muncul hashtag #bandung dan Places (tempat) Bandung.

Nah kedua itu bisa kamu manfaatkan contohnya seperti gambar diatas, saya akan memberikan contoh penggunaan hashtag #bandung yang tepat, lalu pilihlah yang sekira kamu mereka mempunyai banyak followers dan saya contohkan kepada salah satu foto di tengah yang saya tandai kotak warna merah.

Manfaatkan Potensi Komentar Dan Like pada tempat yang relavan

Foto tersebut di ambil di bandung dan kemudian kamu bisa menyematkan beberapa komentar tetapi komentar yang kamu tulis haruslah relavan dengan foto yang di posting. Misalnya pada foto tersebut terdapat perempuan yang sedang foto di daerah bandung.

Pada artikel sebelumnya saya juga sudah menjelaskan betapa pentingnya komentar di instagram untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas seperti pada artikel cara Mengoptimalkan Penjualan Di Instagram Dengan Komentar

Maka kamu bisa berkomentar pada fotonya seperti contoh :

Aduh si teteh cantik banget nih, cobain yuk martabak kita yang paling enak di bandung 🙂

kemudian jangan lupa like, kalo bisa agak spam like ya sekitar 3-5 foto dari orang tersebut dan ini meningkatkan rasa penasaran dari pemilik akun, namun di catat bahwa target kita tuh bukan pemilik akunnya, tetapi para followers dari akun tersebut. Jadi untuk like 3-5 foto adalah opsional 😀

Mereka yang melihat komentar kamu adalah orang-orang yang berpotensi lebih tinggi untuk membeli karena mereka rata-rata pasti berada di bandung dan tinggal dibandung, setidaknya tidak akan meleset jauh-jauh banget deh ketimbang kamu bar-bar spam sana sini malah yang melihat orang-oranag di luar bandung 🙁

Di rekomendasikan melakukan komentar setidaknya 10 orang per 2 jam atau sehari bisa 50 orang agar tidak di anggap oleh spam oleh pihak instagram.

1.Cara Membuat Akun Instagram Untuk Jualan
2.Cara Membuat Logo Brand Toko Akun Instagram Yang Menarik
3.Menentukan Konsep Konten Jualan Di Instagram Yang Bagus
4.Metode Optimasi 2020 Untuk Menambahkan Followers Instagram (Aman)
5.Mengoptimalkan Penjualan Di Instagram Dengan Komentar
6.Memahami 10 Data Penting Di Balik Postingan Instagram
7. Cara Kerja Halaman Explore Pada Instagram
8.2020 Metode Follow Unfollow Di Instagram Sudah Tidak Work
9.Cara Membuat Konten Viral Di Instagram 2020

admin

Related post