Membuat Akun Publik Untuk Mendongkrak Penjualan Di Instagram

 Membuat Akun Publik Untuk Mendongkrak Penjualan Di Instagram

Membuat Akun Publik Untuk Mendongkrak Penjualan Di Instagram

Pernah liat akun publik hiburan seperti awreceh, dagelan atau bahkan indozone.id nah kira-kira apa yang terbesit di dalam benak kamu setelah melihat akun-akun itu ?

Iya akun-akun itu adalah akun publik yang gunanya memang dibuat untuk hiburan semata dan hiburan tersebut sengaja di sugukan untuk para followers namun ternyata dibalik akun hiburan tersebut terdapat potensi market yang sangat besar.

Bayangkan berapa banyak audiens yang memfollow akun-akun tersebut ? rata-rata di atas ratusan ribu dan bahkan terus bertambah setiap harinya. Di samping itu terdapat bisnis yang juga menjanjikan seperti jasa endorse dan paid promote.

Sudah menjadi hal umum media sosial sekarang dimanfaat oleh banyak orang untuk kegiatan berbisnis dan membangun digital aset berupa toko online. Lambat laun dunia bergeser dari jualan yang berbasis real dan lama kelamaan merambat menjadi sebuah bisnis online.

Kurang lengkap rasanya jika berbisnis tidak ada toko secara online karena perkembangan zaman yang mengharuskan semua pebisnis harus berlomba-lomba menjadi yang paling di kenal dan salah satunya melalui online.

Melihat perkembangan pesat instagram yang memiliki pengguna aktif sekitar 1 miliar jiwa, bukan hal yang aneh jika para pelaku bisnis berbondong-bondong mengambil kesempatan dengan menjalankan bisnis di instagram.

Namun banyak penjual pemula yang ingin coba-coba bisnis online melalui instagram yang gagal di tengah jalan karena tidak sabar dan mungkin hanya ingin sekedar ikutan trend belaka.

Mempunyai bisnis di instagram bukan sekedar untuk bio profile melainkan haruslah dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh karena orang yang mencoba peruntungannya untuk berjualan di instagram tidaklah sedikit, dan di perkirakan ada puluhan ribu orang baru di indonesia setiap hari yang mencoba membuat bisnisnya di instagram.

Untuk berjualan di instagram terbilang mudah dan mempunyai banyak kelebihan diantaranya gratis dan memiliki potensi audiens yang sangat luas.

Membuat Akun Publik Untuk Jualan Di Instagram Memangnya Bisa ? Gimana Caranya ?

Saya akan membuat artikel ini menurut dan sesuai dengan pengalaman saya pribadi jadi ilmu yang saya bagikan ini memang benar-benar saya terapkan sendiri dan sudah terbukti membantu untuk mendongkrak omset penjualan.

Kelebihan Dan Keuntungan Membuat Akun Publik Untuk Jualan

  • Tidak perlu paid promote & endorsement kepada selebgram
  • Memiliki Jangkauan yang luas ( jika followers sudah ramai )
  • Digital aset yang bisa di manfaatkan untuk hal lain
  • Bisa membuka bisnis endorse / paid promote

Metode ini sudah saya lakukan selama 1 tahun dan sejauh ini terus bertumbuh dengan konversi penjualan sekitar 2% setiap bulannya dari jumlah total followers. Dengan kata lain semakin banyak followers yang di dapatkan oleh akun publik maka semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan.

Mari bahas dengan studi kasus kali ini menggunan akun publik yang kebetulan ini salah satu punya saya dan akun tersebut adalah @Motivasial walaupun akun ini sudah jarang aktif karena kebetulan saya ada kesibukan lain yang mengharuskan saya sementara rehat dan melepas akun tersebut alias jarang update lagi 😀

Perlu berapa Lama Sih Membangun Akun Publik Agar Followersnya Banyak ?

Untuk mendapatkan puluhan ribu follower kira-kira membutuhkan waktu 3-4 bulan lamanya, mungkin sebagian orang ada yang lebih cepat ataupun ada juga yang lebih lambat. Namun rata-rata sih 3 bulan untuk mendapatkan puluhan ribu follower itupun jika dilakukan dengan konsisten ya.

Saya sendiri mulai akun motivasial di tahun sekitar kira-kira 2017 pertengahan dan sekarang sudah mau menginjak umur 3 tahun dan sudah mendapatkan 180 ribu follower lebih sebenarnya ini salah satu digital aset yang kebetulan saya hobi aja sih dan iseng jadi awalnya ngga terlalu kefikiran untuk mendapatkan banyak Followers, Namun karena potensi jangkauan yang didapatkan sangat luas jadi akhirnya saya berniat merawatnya dan memposting konten secara konsisten hampir setiap hari.

Kira-Kira Niche Apa Yang Cocok Untuk Akun Publik ?

Untuk niche atau topik yang cocok bisa di sesuaikan dengan jenis jualan yang kamu jual, misalnya kamu menjual Sparepart motor, ada baiknya memilih niche yang masih berhubungan seperti misalnya konten motor balap motor seperti contoh berikut ini.

Note : ini bukan akun publik milik saya namun ini saya ambil hanya sebagai contoh saja agar lebih jelas dan terbuka.

bayangkan jika rata-rata terjadi penjualan sekitar 1-2% setiap bulan berapa banyak orang yang membeli produk kamu jika memiliki 68 ribu followers ?

kira-kira sekitar 60-120 orang tiap bulan orang membeli itu hanya dari bermodalkan 1 akun publik loh. Coba bayangkan kamu mempunyai 5 akun publik berapa keuntungan yang didapatkan dan tidak perlu membayar endorse untuk beriklan.

Note : ini bukan akun publik milik saya namun ini saya ambil hanya sebagai contoh saja agar lebih jelas dan terbuka.

Contoh di atas adalah contoh membuat akun publik yang relavan (istilahnya masih nyambunglah) dengan barang yang mau di jual. Karena motor dan sparepart motor itu masih berhubungan dan malah sangat erat kaitannya. Karena sparepart adalah bagian dari motornya itu sendiri.

Setelah Menentukan Niche Selanjutnya Harus Melakukan Apa ?

Setelah menentukan niche terbaik sekarang yang harus dilakukan adalah menerapkan konsep yang matang, mulai dari :

  1. Membuat Logo yang bagus Dan Menarik
  2. Menentukan Konsep yang konsisten
  3. Membuat konten yang berpotensi Viral
  4. Menargetkan Audiens Daerah Tertentu
  5. Memahami Algoritma Dan Data Penting Pada Instagram

Untuk hal ini sudah pernah saya bahas di dalam artikel sebelumnya dah silahkan membacanya satu persatu karena semua topik pembahasan saling berhubungan satu sama lain.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mempromosikan Bisnis Pada Akun Publik ?

Jika akun publik sudah memiliki setidaknya 10 ribu pengikut, sebaiknya jika followers yang didapatkan masih sedikit jangan dulu dan hindari promosi dan jangan terburu-buru, jangan berfikir walaupun ada 500 followers lalu kamu mencoba peruntungan melakukan promosi dan berharap bakalan ada yang beli produknya.

Bukannya ada yang beli malah yang ada bakalan banyak yang unfollow. Ingat konversi penjualan itu hanya 1-2% saja itupun dengan perhitungan jika followers sudah di atas 10 ribu pengikut ya, kalau masih sedikit malah persentasenya bisa turun loh bahkan sampai 0,5% atau bahkan ga bakalan ada yang beli selama 1 bulan.

Jadi di sarankan jangan terburu-buru untuk promosi, yang perlu kamu lakukan di 3 bulan pertama harus konsisten mengisi konten dan buang jauh-jauh keinginan promosi. Ingat semua akan ada waktunya untuk promosi jadi bersabar dulu hingga masuk di bulan ke 4 dan rata-rata followers sudah di angka lebih dari 10 ribu.

Kesimpulan

Ya jadi intinya kalo mau serius untuk membangun digital aset untuk membantu penjualan salah satunya dengan membuat publik akun karena gratis dan kedepannya tidak memerlukan jasa endorse lagi karena kita sudah memiliki digital aset yang sangat penting untuk pemasaran yang terstruktur dan target audiens yang pas. fokus dulu ya bangun digital asetnya jangan buru-buru kebelet untuk masarin produk.

Ingat penjualan yang halus melalui alam sadar lebih mematikan dari pada hard selling yang banyak omong tapi maksa.

Orang lebih suka membeli dengan suka rela dan sesuai keinginan mereka ketimbang dipaksa membeli suatu produk, dan kedepannya mereka akan menjadi customer loyal dan terjadilah repeat order 😀

admin

Related post